Rabu, 23 Desember 2009

PENGETAHUANKU

Tahukah kamu?

MENGAPA MOBIL PERLU MESIN?

Ketika mobil sedang melaju dan mesinnya di matikan, apa yang akan terjadi? Gesekan ,baik oleh angina maupun permukaan jalan akan memperlambat mobil sampai akhirnya berhenti sendiri. Jika mesin tidak mati, agar kelajuan tetap, supir harus menginjak pedal gas untuk memberi gaya maju yang seimbang dengan total gaya gesekan. Jelaslah mesin di perlukan untuk memberi gaya maju pada mobil agar mobil dapat mempertahankan kelajuannya.

Seandainya gsekan tidak ada maka mobil tidak memerlukan mesin. Untuk mengawali gerak mobil, hanya perlu orang kuat seperti superman untuk mendorong mobil mencapai kecepatan tertentu. Begitu kecepatan ini dicapai, superman sudah tidak di perlukan lagi karena mobil aan terus bergerak dengan kelajuan ini. Untuk menghentikan mobil, diperlukan beberapa orang kuat untuk memberi gaya perlambatan.

Tahukah kamu?

Misalkan sebongkah batu dapat di tempatkan pada suatu tempat di angkasa uar yang jauh dari semua benda langit (satelit, matahari, planet dan bintang), sehingga percepatan gravitasi di tempat tersebut nyaris nol. Tentu berat batu di tempat itu juga nyaris no, sehingga batu kehilangan berat dan akan tampak melayang – laying. Apakah massa batu juga nyaris nol? Tentu tidak. Batu kehilangan berat tapi secara fisik batu itu tetap adadan kandungan materinya juga tetap, jadi, massa batu itu tetap sama seperti massanya di bumi.

Tahukah kamu?

Kamu dapat membedakan telur baru dan telur busuk hanya dengan menjatuhkannyakedalam air tawar. Telur baru tenggelam dalam air tawarkarena massa jenis rata – ratanya lebih besar daripada massa jenis air tawar. Telur busuk akan mengapung dalam air tawar karena kuning dan putih telur mengering, sehingga massa jenisnya lebih kecil daripada massa jenis telur baru.

0 komentar:

Posting Komentar